Selasa, 02 Mei 2017

5 Probelmatika Mahasiswa Tingkat Akhir saat Skripsi

Sumber: Link
Skripsi menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa tingkat akhir. Sebelum skripsi pun mahasiswa tingkat akhir harus berjuang habis-habisan, mulai dari bingung mau mengajukan judul skripsi, lalu saat mengadukan judul skripsi ditolak terus, saat judul disetujui malah dapet dosen pembimbing killer. Itu baru awalnya saja, belum skripsi. Saat menyusun skripsi pun banyak kendala-kendala yang harus dihadapi mahasiswa tingkat akhir, apa saja itu?

1. Mencari Buku
Mencari buku sumber tidak semudah yang dibayangkan, berbagai perpustakaan online dan non-online di kunjungi namun tak jarang buku sumbernya engga cocok. Apalagi jika dospem menuntut mahasiswanya mencari buku sumber terbitan diatas 2006 dan itu tidak sebanding dengan buku-buku yang tersedia di Indonesia. Jika mencari di perpustakaan online, seluruh halaman buku tidak ditampilkan semuanya yang pada akhirnya mahasiswa terpaksa download buku secara ilegal dan itupun kalau nemu dan beruntung. Begitu juga dengan perpustakaan non-online, tak semua buku yang dibutuhkan tersedia.
Sumber: Pribadi
2. Baca Buku
Baca buku sumber untuk skripsi ternyata tidak semudah membaca pikiran kamu novel. Aktivitas yang sepele namun butuh konsentrasi dan nalar yang tinggi untuk memahami dari kalimat ke kalimat yang lain butuh waktu yang tidak sedikit. Ini makin diperparah jika kalian membaca buku sumber dengan bahasa inggris. Mau tidak mau kalian harus bolak-balik buka kamus atau google translate, dan itupun belum tentu bisa dimengerti sepenuhnya. Namun, tak usah khawatir. Kalian bisa menanyakan kalimat-kalimat yang sulit dipahami ke dosen atau berdiskusi ke teman-teman seperjuangan kalian.
Sumber: Pribadi
3. Dosen Pembimbing
Bersyukurlah bagi kalian mahasiswa yang beruntung mendapatkan dosen yang baik, pengertian, sabar, dan selalu ada waktu untuk membimbing kalian. Karena di luar sana masih ada mahasiswa dosen yang super sibuk, perfeksionis, ataupun killer. Mahasiwa yang mendapatkan dosen seperti itu butuh kesabaran ekstra dan makan yang banyak karena mengejar-ngejar dosen butuh energi yang banyak. Eits, jangan ciut dulu ya. Tetaplah bersyukur dan terus kerjakan skripsimu karena yang keras akan luluh dengan yang lembut seperti kesabaran, ketekunan, dan kegigihan.
Sumber: Link
4. Revisi, revisi, revisi
Di awal bimbingan, biasanya mahasiswa semangat dan percaya diri dengan hasil kerja kerasnya menyusun skripsi. Tak jarang pula, mahasiswa sudah mempunyai konsep-konsep dan teori-teori untuk mendukung skripsinya. Namun seiring bejalan waktu, bimbingan skripsi menjadi hal yang membingungkan. Ketika konsep-konsep dan teori-teorinya dirombak habis-habisan dengan dosen pembimbing. Kalau sudah begini, mau tidak mau harus mengikuti dosen pebimbing. Bolak-balik revisi terus sampai bosen. Nah biar engga bolak-balik revisi terus, coba deh teliti kira-kira dimana salahnya dan kurangnya dimana. Jika masih bingung salahnya dimana, tanyakan ke dospem biar lebih jelas
Sumber: Link
5. Copy-Paste
Ini nih kalau mahasiswa udah nyerah duluan dan pengen cepet-cepet lulus, dipikirannya yang penting asal jadi. Eits, mau sepintar-pintar apapun kalian copy-paste jika kalian tidak memahaminya sama aja bohong malah mati kutu pas ditanya sama dosen pembimbing. Lalu gimana biar enggak copy-paste lagi? Lupakan sejenak tentang cepet-cepet lulus, lalu fokuskan pikiran kamu ke action seperti sering membaca buku, latihan menulis, berdiskusi dengan dospem ataupun teman seperjuangan.
Sumber: Link
Yah itulah segelintir problematika yang sering dialami mahasiwa tingkat akhir. Sesulit dan seberat apapun itu, tetaplah bekerja keras, lakukan dengan ikhlas, dan nikmatilah proses itu. Karena dibalik kesulitan ada kemudahan, jangan menyerah. Ubah yang dari tidak mungkin menjadi mungkin dengan kesabaran dan ketekunan. Tetap semangat para pejuang SKRIPSI!
Share:

2 komentar:

  1. Sedikit tips dari saya,,, agar skripsi cepat diACC...
    Buat konsep yang matang untuk judul skripsi yang kamu buat, lalu presentasikan ke dosen pembimbing kamu seakan apa yang kamu buat itu masuk akal dan dapat diimplementasikan... Yakin dah DP kamu bakalan cepat buat ACC skripsi kamu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah makasih banget atas tipsnya, saya akan coba :)

      Hapus

Followers

Search This Blog

Embun yang Dingin / Lautan Cinta

  Berikut ada 14 bagian masa-masa Lay Zhang bersama EXO: Panas yang Hebat / Pertama kalinya aku diatas panggung Akhir dari Panas / Api Embun...

Daily Blogger Pro Review Competition

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.