Minggu, 16 April 2017

Belajar Tenses Bahasa Inggris: Simple Present Part 1

Apakah kalian sering tidur? Apakah kalian setiap hari mandi? Apakah kalian selalu makan dan minum? Pasti jawabnya ya, itulah kebutuhan hidup sehari-hari. Kita makan, minum, mandi dan tidur sudah menjadi rutinitas sehari-hari. Nah, dari situlah gunanya simple present. Lalu, bagaimana caranya menggunakan simple present? Gampang! Liat aja contoh dibawah ini.

Contoh:
I eat spaghetti everyday
Saya makan spaghetti setiap hari.
Link

 Nah, dari kalimat atas maksudnya adalah, si 'aku' ini setiap senin, selasa, rabu, kamis dan jum'at selalu makan spaghetti. Karena makan spaghetti udah 'habitual' atau rutinitas setiap hari maka gunakanlah simple present.

Bagaima kalau kamu ingin mendeskripsikan teman kamu? Nah coba lihat contoh dibawah ini!

He takes a shower in the morning.
Dia biasanya mandi di pagi hari.
Link

Ada yang berbeda? coba bandingkan kedua kalimat tersebut. Yak, betul penambahan imbuhan -s di kata kerja. Biasanya imbuhan -s dipakai ketika subjeknya berupa He,She,It tanpa mengubah makna tersebut.

Contoh:
I sleep
You sleep
We sleep
They sleep

He sleeps
She sleeps
It sleeps
(Nama orang/benda/ makhluk hidup) Michael sleeps



Nah sampai disini mudah bukan? Jadi salah satu fungsi simple present adalah untuk menjelaskan rutinitas sehari hari atau habitual. Nah selanjutnya ada fungsi kedua dari Simple Present, klik disini. Coba sekarang kalian ceritakan kegiatan apa yang kalian lakukan sehari-hari di kolom komentar.




Share:

2 komentar:

  1. This post is easy to follow. Pembaca mudah memahami materinya, baik itu konsep tata bahasa dan contoh kalimatnya. Thanks for writing this English grammar article. :)

    BalasHapus

Followers

Search This Blog

Embun yang Dingin / Lautan Cinta

  Berikut ada 14 bagian masa-masa Lay Zhang bersama EXO: Panas yang Hebat / Pertama kalinya aku diatas panggung Akhir dari Panas / Api Embun...

Daily Blogger Pro Review Competition

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.