Jumat, 21 April 2017

Belajar Bahasa Inggris: Simple Past

Hi everybody! How's your life? I hope you're doing well! Di postingan sebelumnya kita belajar Simple Present Tense. Masih ada yang ingat fungsi simple present tensa apa? Hayo yang lupa fungsi Simple Present, klik fungsi pertama dan fungsi kedua. Nah, sekarang kita move on ke masa lalu atau bahasa kerennya Simple Past. Yang baca jangan keinget mantan yah he he he. Nah fungsi Simple Past ini adalah menjelaskan aktivitas atau situasi yang dimulai dan berakhir di masa lampau.

Contoh:
Titanic ship sank in Atlantic Ocean.
Kapal Titanic tengelam di Laut Atlantis.
https://livebookswordpress.s3.amazonaws.com/uploads/sites/557/gallery/titanic/titanic-sink-flipped.jpg
Link

 Susilo Bambang Yudhoyono was the sixth of President Indonesia.
Susilo Bambang Yudhoyono adalah Presiden Indonesia yang ke enam.


https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/5/58/Presiden_Susilo_Bambang_Yudhoyono.png
Link

King Saudi Arabia visited Indonesia in March 2017.
Raja Arab Saudi mengunjungi Indonesia pada bulan Maret 2017.
https://img.okezone.com/content/2017/01/27/18/1603081/raja-arab-saudi-segera-ke-indonesia-ini-pernyataan-resmi-kedubes-arab-saudi-AVk8qry0Km.jpg
Link
Nah dari ketiga contoh kalimat tersebut, kita bisa melihat kata yang berwarna merah adalah kata kerja atau dalam bahasa inggris namanya Verb. Dalam Simple Past, ada verb yang berubah dari kata dasar (Irregular Verb) dan ada pula verb yang tidak berubah, hanya perlu ditambah imbuhan -ed dibelakangnya (Regular Verb). Hah maksudnya? Lihat contoh dibawah ini.

IRREGULAR VERB
Kata dasar       : Is/am/are
Past Simple     : was/were
Past Participle : been

REGULAR VERB
Kata dasar       : visit
Past Simple     : visited
Past Participle : visited

Sampai disitu jelas bukan perbedaannya? Jadi ada sebagian Verb atau kata kerja yang berubah-ubah dan ada juga yang tidak. Yah ngapalin dong? Enggak usah dihafalkan, kalau kalian sering membaca cerita pendek berbahasa inggris, saya yakin kalian akan terbiasa menemukan banyak kata kerja Irregular verb dan Regular Verb. Lalu apa bedanya Past Simple dan Past Participle? Sebenarnya Simple Past itu sama aja kayak V2, sedangkan Past Participle itu sama kayak V3 yang biasanya digunakan di Perfect Tense.

Bagaimana dengan Rules-nya?
I woke up.
You woke up.
We woke up.
They woke up.

He woke up.
She woke up
It woke up.
(Nama Orang/benda/makhluk hidup) That bear woke up.

Okay, sampai sini gampangkan? Jadi, Simple Past fungsinya adalah menjelaskan aktivitas atau situasi yang dimulai dan berakhir di masa lampau. Rules-nya menggunakan Past Simple atau V2. Skarang, coba kalian buat kalimat apa yang baru saja kalian lakukan kemarin di kolom komentar ya!
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

Search This Blog

Embun yang Dingin / Lautan Cinta

  Berikut ada 14 bagian masa-masa Lay Zhang bersama EXO: Panas yang Hebat / Pertama kalinya aku diatas panggung Akhir dari Panas / Api Embun...

Daily Blogger Pro Review Competition

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.